Tuban.org – Demi membantu mengentaskan kemiskinan dengan meningkatan produktivitas perikanan di kalangan para nelayan Kabupaten Tuban. Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyerahkan bantuan sarana dan prasana usaha penangkapan ikan berupa kapal kepada nelayan di Kecamatan Palang, Senin (29/1/2017).

Bantuan yang diberikan tersebut berupa 10 kapal dan 10 alat tangkap ikan. Pemberian tersebut diberikan saat lawatannya ke kampung nelayan di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang. Dengan adanya bantuan perahu itu diharapka bisa dimanfaatkan nelayan dengan maksimal dan adanya bantuan perahu tersebut diharapkan bisa membuat nelayan yang dulunya hanya menjadi ABK (anak buah kapal) kini bisa memiliki perahu sendiri dan kehidupannya semakin sejahtera.

“Dengan melihat penghasilan para nelayan yang tidak menentu, dapat dipastikan mereka sulit untuk mampu membeli kapal sendiri, untuk itu kita bantu semampu kita,” ucap Bupati setelah menyerahkan bantuan perahu.

Baca Juga:  Ancaman Pembangunan Di Daerah

Sebenarnya bantuan tersebut sebagai bentuk realisasi dari pada program tahun 2017 lalu. Adapun untuk anggaran dari setiap perahu beserta dengan mesinnya sebesar Rp 50 juta. Karena sifatnya hibah, program bantuan kepada nelayan tersebut akan dilakukan secara bertahap dan untuk tahun 2018 rencananya akan disalurkan sebanyak 40 buah kapal kepada para nelayan yang ada pesisir Tuban.

“Bantuan kapal ini untuk nelayan yang berada di beberapa kecamatan. Pemberian tersebut juga sesuai dengan kemampuan Pemkab Tuban dan akan dilakukan secara bertahap,” sambung Bupati Tuban.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Fathul Huda yang didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban juga menyempatkan untuk mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palang, dimana sebagai tempat pengepakkan ikan.

Di lokasi tersebut, Bupati meninjau pembangunan revetment TPI Palang yang berfungsi sebagai tambatan labuh kapal perikanan. Tak hanya itu TPI palang jug sebagai sarana pemecah gelombang dan pengelolaan sampah yang juga menjadi fokus peninjauan Bupati.

Baca Juga:  Tuban Sebagai Lumbung Jagung Nasional

Selain itu, dengan adanya TPI Palang, Pemkab Tuban juga akan memberikan rangsangan kepada nelayan terkait pengolahan ikan lebih lanjut. Sehingga nelayan dan keluarganya akan mendapatkan hasil yang lebih banyak.Selain itu dengan adanya pabrik pengolahan ikan di kawasan pesisir Tuban itu diharapkan bisa menjaga harga ikan yang didapatkan para nelayan tetap stabil dan terus bisa terserap hasil tangkapan ikannya.

“Dengan potensi kekayaan yang ada di laut harus dimanfaatkan dengan baik dan bijak. Saat para nelayan pergi melaut, nantinya keluarga yang di rumah bisa mengolah hasil tangkapannya sehingga hasil tangkapan dapat dijual dengan harga lebih tinggi,” Ujar Bupati Tuban, Fathul Huda.

Diakhir lawatannya, Bupati bersama rombongan kemudian mengunjungi Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang untuk meninjau pembangunan gudang penyimpanan garam. Ditempat tersebut Bupati mengingatkan agar petani garam dapat meningkatkan produksi garamnya. Selain itu, Bupati juga menjelaskan salah satu permasalahan yang dihadapi petani garam adalah sarana penampungan garam, terutama saat musim panen garam.

Baca Juga:  Tuban Sebagai Lumbung Jagung Nasional

“Pembangunan gudang ini bertujuan untuk meningkatkan produksi garam rakyat, jangan sampai saat musim panen garam, harga jual garam tidak sesuai dengan harapan petani garam,” ungkap Bupati Tuban.

Di samping itu, Pemkab Tuban juga akan mengupayakan agar harga jual garam rakyat dapat melebihi biaya produksi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani garam di Kabupaten Tuban. Sesuai dengan arahan Bupati gudang ini akan dikembangkan agar dapat menampung seluruh hasil produksi garam di Kabupaten Tuban. (fix)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *