Tuban.org – Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang perekonomian keluarga, diantaranya adalah dengan memulai usaha bisnis rumahan dengan modal kecil tapi menguntungkan. Bisnis rumahan merupakan salah satu bisnis yang cocok dijalani ibu muda di zaman sekarang. Ini merupakan peluang terbesar memulai bisnis baru dengan modal yang sedikit tetapi mendapatkan untung yang banyak.

Bisnis rumahan merupakan peluang terbesar memulai bisnis baru yang cukup menjajikan dan hanya membutuhkan usaha sendiri dengan memanfaatkan lahan rumah sebagai tempat usaha serta skill dan keterampilan yang di miliki. Bisnis rumahan memang cocok untuk wanita yang sudah berumah tangga dan memilih untuk mengurus rumah dan keluarganya.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja sembari menungu anak sekolah dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk menjalankan usaha rumahan hingga bisa mendapatkan penghasilan sendiri tanpa harus keluar rumah.

Sebagai seorang yang baru pertama kali atau pemula biasanya sangat bingung harus membuka bisnis apa. Tapi tenang saja, untuk anda yang sedang ingin memulai bisnis usaha rumahan, ini ada inspirasi peluang usaha yang bisa anda coba dan sangat cocok sekali membuka bisnis rumahan dengan modal kecil tapi menguntungkan.

Membuka Usaha Katering

Usaha yang sangat cocok untuk ibu-ibu dirumah salah satunya adalah dengan membuka usaha katering. Usaha katering merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan sambil mengurus anak dan suami, karena usaha katering bisa dijalani dengan santai dan sistemnya juga mudah, dimana jika ada pesanan baru membuatnya.

Usaha katering merupakan bisnis yang mudah untuk ibu-ibu, karena memasak adalah salah satu hal yang selalu dikerjakan di rumah. Dengan begitu, usaha akan berjalan dengan baik karena termasuk ke dalam suatu kebiasaan. Jadi, dengan membuka usaha katering, tanpa disadari Anda sudah memiliki usaha.

Baca Juga:  Siapkan Barang Seserahan Pernikahan Ini Jika Berniat Meminang Gadis Jawa

Jualan Online/Bisnis Online

Bisnis online saat ini memang sedang digemari oleh penduduk indonesia dan menjadi bisnis yang sedang trend pada masa kini. Bisnis online atau lebih dikenal lagi sebagai online shop ini sangat cocok untuk bisnis rumahan dengan modal kecil tapi menguntungkan. Tak banyak modal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis online, disini hanya memerlukan smartphone dan paket internet.

Bisnis ini bukan hanya cocok untuk para remaja, bisnis ini juga merupakan peluang usaha bagi ibu rumah tangga. Pasalnya, segala aktivitas online shop dapat dilakukan secara online, mulai dari pemesanan hingga interaksi antara penjual dan pembeli.

Bisnis online ini hanya memerlukan waktu senggang untuk menjalaninya dan membuat produk. Selain dapat dijalankan di mana pun, jualan online juga tidak merepotkan karena tetap dapat dijalankan tanpa harus menghasilkan produk sendiri. Karena cukup menjadi reseller bagi banyak produk yang dipasarkan melalui sosial media atau menjadi broker atau dropshiper dengan membantu menjualkan barang orang lain dan anda akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil dijual.

Usaha Laundry

Dizaman sekarang ini, kegiatan masyarakat bukan hanya berkutat di dapur dan urusan rumah tangga saja. Bahkan para ibu juga tak jarang yang merintis usaha dan karirnya. Karena hal ini pula banyak orang yang justru tak sempat mencuci atau membersihkan pakaian kotornya. Padahal pakaian selalu digunakan setiap hari dan sepanjang waktu.

Baca Juga:  Tips Aman Membeli Rumah Lewat Developer Atau Pengembang Agar Tidak Tertipu

Dengan melihat kondisi seperti itu, membuka usaha laundry sangat cocok untuk ibu rumah tangga saat ini, karena tak perlu modal banyak, hanya harus sedia mesin cuci, maka usaha loundry akan berjalan. Selain itu, kelebihan usaha laundry juga bisa dilakukan di rumah tanpa harus menyewa kios untuk membuka usaha.

Menjual Pulsa

Perkembangan teknologi kini terus berkembang, bahkan kini smartphone sudah menjadi hp pintar untuk memenuhi segala kebutuhan manusia sehari-hari. Tapi, apa gunanya smartphone tanpa pulsa?

Dengan membuka usaha menjual pulsa ini merupakan salah satu peluang bisnis yang cocok bagi ibu rumah tangga. Karena bisa melakukan usahanya di mana pun berada. Selain itu, dengan membuka usaha ini, bisa mendapatkan uang yang lebih untuk membantu memberi uang jajan kepada anak. Meskipun ini termasuk usaha kecil, tapi keuntungan yang diperoleh ternyata tidak sedikit.

Freelance content writer atau jasa penulisan artikel

Menjadi seorang penulis lepas menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Ini sama seperti menjual jasa snda kepada orang lain. Belakangan ini, jasa penulis selalu dicari para pemilik bisnis myang membutuhkannya untuk mengupdate website atau blog yang sudah mereka buat.

Untuk bisa membuka jasa penulisan artikel di rumah, hal yang perlu di perhatikan yaitu keterampilan menulis. Peghasilan yang di dapatkan juga sangat menguntungkan. Cukup duduk manis dirumah anda bisa menawarkan jasa menulis artikel atau konten yang mereka butuhkan. Anda hanya perlu menulis topik yang diinginkan lalu setiap artikel atau konten yang dibuat diberi harga yang sesuai. Selain itu, untuk menjadi seorang content writer ini harus pastikan kalau artikel yang dibuat murni tanpa copy paste pada website lain. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi kualitas tulisan.

Baca Juga:  Siapkan Barang Seserahan Pernikahan Ini Jika Berniat Meminang Gadis Jawa

Usaha kerajinan tangan

Jika anda termasuk orang yang kreatif, membuat kerajinan tangan juga berpeluang menjadi bisnis dengan keuntungan besar. Bahkan bila tak memiliki modal juga bisa manfaatkan barang-barang di sekitar untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan.

Kerajinan tangan ini bisa dijual sesuai tingkat kerumitan dan keunikannya. Jika rumah anda berada di sekitar tempat wisata, membuka bisnis ini bisa dijadikan buah tangan para pengunjung. Anda bisa menciptakan beragam kerajinan tangan yang unik untuk di kumpulkan para kolektor. Atau dengan menciptakan kerajinan tangan yang bisa dipakai sehari-hari, seperti tas dari bahan bekas, sandal hotel dengan lukisan, cermin dengan miniatur kerang, dan sebagainya. Hal ini mempunyai nilai ekonomi tinggi di masyarakat.

Apabila lokasi rumah anda kurang strategis dan jauh dari tempat wisata. Jangan khawatir, anda tetap bisa memasarkannya secara online kerajinan tangan yang sudah dibuat.

Tentu cukup menggiurkan untuk dicoba beberapa peluang usaha bisnis rumahan denga modal kecil tapi menguntungkan yang sudah dijelaskan diatas. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis meskipun tanpa modal. Dengan usaha dan tekad yang kuat, bisnis kecil anda bahkan memiliki peluang untuk lebih besar lagi. (Rahma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *