Tuban.org Kabupaten Tuban memang dikenal sebagai Kota Seribu Goa, letaknya di pegunungangan kapur menjadikan Tuban banyak memiliki gua. Ada salah satu gua yang tidak boleh terlewatkan yaitu Gua Suci yang terletak di Dusun Suci, Desa Wangun, Kecamatan Palang.

Goa ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, dimana mampu memancarkan cahaya ke dalam goa bagaikan cahaya surga dari Tuban. Gua yang berstruktur batuan kapur ini bukanlah gua alam, namun buatan manusia pada masa dahulu. Konon gua ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Hal ini dapat dilihat dari bentuknya yang terbuat dari pahatan-pahatan, selain itu didalamnya juga terdapat angka jawa kuno 1026 yang menunjukkan tahun yang terletak di sekitar pahatan tersebut.

Goa yang ditemukan sejak tahun 70an ini memiliki kedalaman sekitar 14 meter dengan atap kerucut dan berlubang dengan dinding goa yang berundak-undak konon sering dibuat bersemedi. Mereka yang datang tak hanya dari daerah Tuban, tetapi banyak juga yang datang dari luar daerah untuk mediatasi menenangkan fikiran dan nurani maupun untuk mencari sebuah ilmu kebatinan.

Lerletaknya yang disekitar penambangan batu kapur ini memiliki banyak keunikan dan keindahan yang tidak perlu diuji lagi. Kesan yang sangat eksotis terdapat dalam relief sisa galian batu kapur yang telah usang. Akibat rongrongan penambang batu kapur manual yang sudah sejak dulu berada itu menjadikan keindahan tersendiri.

Selain itu, diatas goa juga terdapat lubang yang dapat memancarkan cahaya matahari masuk ke dasar goa. Indahnya cahaya tersebut memunculkan rona pelangi yang dapat menambah keeksotisannya. Lubang yang digunakan para penambang pada zaman Majapahit ini memang menjadi keunikan tersendiri bagi Goa Suci. Dengan cahaya matahari yang menembus lewat cerobong atap menambah tampilan goa menjadi kian dinamis, ibarat cahaya surga yang menembus kedalam goa bagaikan listrik merona.

Goa ini memang masih nampak alami, dengan sisa pahatan di dinding yang unik dan langka ini, nampak terlihat dari dalam goa akan membentuk seperti kubah. Seluit yang ada dalam kubah pun juga menunjukkan bahwa goa ini patut dikunjungi.

Saat ini goa suci sudah masuk cagar budaya yang harus di lindungi. Dengan bukti konkrit adanya papan yang di pasang dari balai cagar budaya Jawa Timur. Berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 1992, Goa Suci ini memang menjadi cagar budaya yang di dasarkan pada kajian yang dilakukan oleh bidang arkeologi dari Mojokerjo Jawa Timur, dimana batu bata kumbung dari goa ini di yakini sebagai bahan baku untuk pembangunan candi-candi yang ada di tanah jawa pada zaman Majapahit.

Keberadaan goa suci ini memang belum dikelola dengan baik oleh pihak-pihak terkait. Meskipun Goa ini sudah masuk dalam cagar budaya, namun juga perlu dijaga keberadaannya. Karena letaknya yang berdekatan dengan penambangan batu kapur yang ada di sekitar goa tersebut membuat Goa Suci ini terancam keberadaannya.

Untuk menjaga cagar budaya yang banyak di minati oleh wisatawan ini perlu di koordinasikan dengan pihak pemerintahan. Sebab, keberadaannya kini kian terancam dengan adanya penambang ilegal. Apabila kegiatan penambangan terus dilakukan dan penambang terus mengeruk batu-batu kapur tersebut. Maka tidak menutup kemungkinan keindahan cahaya surga Goa Suci akan runtuh.

Selain itu, keadaan Goa Suci ini juga diperparah dengan kurang pedulinya masyarakat terhadap kelestarian cagar budaya Goa Suci. Nyatanya masih banyak dari masyarakat yang membuang sampah di sekitar goa tersebut. Tentunya kita semua tidak menginginkan Goa Suci yang ada di Palang ini hilang keberadaannya. Diharapkan dari semuanya untuk menjaga keindahan dan keelokan Goa Suci yang sudah menjadi cagar budaya ini.

Terakhir kalinya, untuk menuju Goa Suci yang letaknya di Dusun Suci, Desa Wangun, Kecamatan Palang tersebut, kalau ditempuh dari kota Tuban menuju arah timur hingga di Kecamatan Palang. Sekitar 20 KM dari jalan utama Tuban- Palang selanjutnya masuk ke arah selatan. Untuk akses jalan manuju ke Goa Suci sudah beraspal sehinggga membuat para pengunjung mudah mencapai tujuan. (Moch)

One thought on “Goa Suci Palang Yang Perlu Dikunjungi Dan Patut Dijaga Keberadaannya”

  1. Bagus… Termasuk salah satu wisata di Tuban yang wajib untuk dikunjungi..
    Yg udah pernah ksana jd pengen lg kesana, bagi yg belum perlu diajak jg..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *